banner1

banner1

Kenapa Lebih Baik Suka Dahulu, Sebelum Bisa Matematika



Bismillah .. Untuk tantangan kali ini gampang gampang susah menurut saya, soalnya selain mesti berdasarkan konsep matematika logis. Tetapi sebenarnya hal-hal tersebut sudah ada di kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya dari hal sesederhana sekali pun seperti dengan menyanyikan lagu 2 mata saya.. Sambil di tunjukan mata dan jumlahnya pun itu ternyata sudah termasuk ke dalam konsep matematika logis.. Asalkan tidak dipaksa kan untuk menghafal, itu tidak masalah.
Karena yg jadi masalah yaitu jika saat ini terus dijejali dan di paksa menghafap bilangan lalu lambang lalu tabataku langsing, nantinya bisa-bisa ketika besar nanti sudah lupa lagi akan rumus-rumus matematika. Dan dalam kehidupan sehari-harinya kurang mampu dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan matematika sebagai solusinya.

Lewat materi ke-6 ini, saya jadi banyak tercerahkan. Ya sebelum terlambat. Lebih baik membuat Alula suka terlebih dahulu, daripada bisa dulu. 
Dengan memberikan stimulus-stimulus tersebut diharapkan anak akan menyukai pelajaran matematika karena matematika ternyata ada disekitar mereka dan mereka mengetahui tujuan belajar matematika. Dengan model stimulus ini anak-anak akan paham makna kabataku (kali, bagi, tambah, kurang) sebagai sebuah proses alamiah sehari-hari, bukan deretan angka yang bikin pusing.

Yang perlu saya dan teman-teman pelajari di Ibu Profesional adalah Bagaimana kita sebagai orangtua bisa merangsang kecerdasan matematis logis anak sejak usia dini? Bagaimana kita menanamkan konsep matematis logis sejak dini? bukan buru-buru mengajarkan kemampuan berhitung ke anak. 
Dan ternyata banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan di rumah atau dimanapun, diantaranya :
Bermain pasir, bermain di dapur, bermain puzzle, Belajar di meja makan, dan masih banyak lagi. Dan juga bisa disesuaikan dgn tahapan perkembangan usianya. 
Insyaallah beberapa hari kedepan saya akan mulai share kegiatan saya dalam menstimulus matematika.

#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs
#AlulaHFSukaMatematika
#AlulaHF16m

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenapa Lebih Baik Suka Dahulu, Sebelum Bisa Matematika"

Posting Komentar