banner1

banner1

Materi Pokok 6 - Teknik Memulai Home Education

πŸŽ‹πŸŒΌπŸŽ‹πŸŒΌπŸŽ‹πŸŒΌπŸŽ‹πŸŒΌπŸŽ‹πŸŒΌπŸŽ‹πŸŒΌ

*Materi Pokok 6⃣*

*πŸƒTeknik Memulai Home EducationπŸƒ*

_Ditulis oleh : Ibu Septi Peni Wulandani_




➖➖➖➖➖🌼➖➖πŸŽ‹

Sebelumnya kita pahami dulu _HE adalah kewajiban syar'i kita sebagai orangtua._ Bahkan menurut saya justru jadi ilmu wajib bagi para calon ibu dan calon bapak. Home Education itu dimulai dari satu pemahaman para fasilitator utamanya yaitu kita sebagai orangtuanya.

πŸŒ€Maka mulailah :

a) Berdiskusi secara rutin antara anda dan pasangan tentang konsep HE. Tentukan jadwal khusus untuk anda bersungguh-sungguh membahas hal ini.

b) Seringlah belajar bersama dengan pasangan kita tentang HE, baik dengan silaturahim, ikut seminar, bedah buku dll kemudian segera tentukan apa hal-hal baik yang bisa segera kita terapkan di keluarga kita.

c) Berpeganglah teguh pada Al Quran dan Hadist sebagai acuan utama kita mendidik anak. Yang lain hanya jadikan referensi, jangan justru membuat anda bingung.

d) Belajarlah melihat potensi unik anak-anak kita, kemudian perkuat sisi keunikan tersebut, ingat anak kita adalah "limited edition" hanya kita yang paham, jangan pasrahkan ke orang lain.

e) Mulailah merancang kegiatan sederhana untuk anak2 kita.

f) Perkuat bonding anda bersama anak2 di usia 0-7 th ini. Perkuat dengan bahasa ibu dan bermain bersama alam. Jadi sebaiknya jangan terlalu dini memasukkan anak ke lembaga yang bernama "sekolah".

g) Ketika sudah memasuki usia sekolah perkaya wawasan anak dengan berbagai konsep pendidikan. *Ingat* "sekolah" itu hanya bagian pilihan dari pendidikan, bukan satu-satunya.

h) Konsep utama HE adalah Iqra' dan thalabul 'ilmi. Jadi urusannya adalah belajar atau tidak belajar bukan sekolah atau tidak sekolah.

➖➖➖➖➖🌼➖➖πŸŽ‹

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Materi Pokok 6 - Teknik Memulai Home Education"

Posting Komentar