banner1

banner1

Nice Home Work 6 : Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal


Nice home work yang ke – 6 ini sangat menarik, karena dapat membantu kita nih terutama bunda full rumah tangga yang kadang ngerasa “aduuuh kerjaan aku ko ga beres-beres yah.. gimana mau bisnis, gimana mau bikin mainan tuk baby, gimana mau kreasi masakan dsb”.
Hehe, tenang bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.
Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.
Hal-hal yang sempet saya sebutkan tadi di atas kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup kita. Hal tersebut bernama yaitu RUTINITAS.
Ya, meskipun kadang kita merasa ya ini memang sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab saya, dan kalau bukan saya yang harus menyelesaikannya, ya siapa lagi??
Tidak apa jika kita menjalankan pekerjaan rutin yang tidak kunjung selesai, tetapi ingat hal itu bisa membuat kita merasa sibuk sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.
Maka ikutilah tahapan-tahapan menurut bunda profesional sbb :
Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting
DO: 
✅memasak untuk anak dan suami sedari subuh hingga pagi
✅memposting konten di sosmed atau update materi / ilmu terbaru 
✅menemani dan mendampingi Alula
DON’T:
❎ mengobrol berjam-jam dengan tetangga
❎ menumpukkan cucian piring dan baju
❎ telat menyiapkan makanan anak dan suami
Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?
Menemani dan mendampingi Alula
Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras
Dari ketiga poin di atas itu sudah merasa paling penting dari berbagai kegiatan penting lainnya. Hanya saja masih ada yang kurang karena lebih mengutamakan menemani Alula.
Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)
Terlampir di jadwal harian
Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.
Insyaallah tetapi saya masih harus bisa adaptasi dengan aituasi ataupun kondisi yang dadakan atau di luar kendali saya.
Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)
Jadwal Rutin
04.00 – 06.00 : menyiapkan Makanan anak dan suami, ibadah, belanja. 
06.00 – 06.30 : grooming 
06.30 – 07.00 : menemani anak makan
07.00 – 09.00: memandikan anak, sarapan, moyan dan silaturahmi tetangga
Jadwal Dinamis: 09.00 – 12.00
Jadwal Rutin
12:00 – 13:00 : menemani anak makan siang dan ibadah
Jadwal Dinamis: 13.00 – 15.30
Jadwal rutin
15.30 – 17.00 : ibadah, memandikan anak, menemani anak makan sore
17.00 – 18.00 : masak sore dan grooming 
18.00 – 20.00 : ibadah, makan malam dan membereskan dapur
20.00 – 21.00 : menemani anak tidur
Jadwal dinamis:  21.00 – esok hari
Ket: Untuk jadwal dinamis, kadang ada yang berbeda setiap harinya. Kadang saya masih belum menyelesaikan jadwal rutin sehingga bergeser jamnya. Atau saya harus mengikuti kegiatan di luar rumah sekalipun saya pasti membawa Alula. Karena 24 jam saya untuk Alula πŸ’œπŸ’œ
Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?
kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.
Baiklah, sekian jadwal rutin dan jadwal dinamis harian saya. Semoga saya dan teman – teman semua yang sudah mau mencoba jadwal yang sama bisa tetap istiqomah dalam menjalankannya.. semangat πŸ˜€
Salam,
Unna Alula :):)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nice Home Work 6 : Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal"

Posting Komentar