banner1

banner1

Tips Merawat Gigi Susu Anak - Resume Kuliah WhatsApp #curhatBella

Assalamualaikum bunda, mamah, emak, ummi, umma, ummu, ibu, ambu yang cantik dan sholehah.. :)

Pada kesempatan ini, saya akan merangkum sedikit dari materi kuliah WA tanggal 24 Maret 2017mengenai "TIPS PINTAR MERAWAT GIGI ANAK" yang dilaksanakan oleh MamiBelle dan Kejora Indonesia. Karena pada waktu itu keburu full seat grupnya. Padahal sampai 3 grup, jadi saya bantu share disini aja ya .. 

Semoga Bermanfaat :)

Materi ini diisi oleh dua orang dokter gigi cantik yang dalam kesehariannya berkecimpung dengan masalah kesehatan gigi anak, yaitu Drg. Tara Pratitha dan Drg. Adela Andartya.

Berikut slide materinya ... ^^





























Lalu ini, sesi tanya jawabnya ..... ^^

Tanya: Ana Habibah, Madiun

saya Ana Habibah, dari Madiun.. ibu dari Zalfa(23m) ... dia belum bisa berkumur, setiap gosok gigi pasti di telan, .. ..bagaimana agar anak bisa berkumur? dan pasta gigi pigeon (maaf menyebut merk) apakah aman apabila di telan? tks

Jawab:

Halo ibu Ana, memang tidak mudah mengajarkan anak untuk berkumur, ajarkan anak terus berkumur dengan dicontohkan. Kumur dengan air mineral agar jika tertelan tidak berbahaya. Anak biasanya sudah bisa berkumur sekitar usia 2 tahun. Beri penjelasan pada anak kalau pasta gigi bukan makanan, berbahaya jika tertelan terus menerus. Bisa juga sikat gigi sambil bernyanyi dan sisipi dengan lirik untuk berkumur, atau memakai boneka yang mengajak anak untuk berkumur. Dapat dilihat dalam kemasan pasta gigi apakah pasta itu aman untuk anak-anak. Diperhatikan jumlah penggunaan pasta gigi, pada anak usia 0-3 tahun hanya diperbolehkan seoles tipis 1,5-3mm. Meskipun aman tertelan, pasta gigi bukanlah makanan, sehingga tetap latihlah anak untuk berkumur.

tanya : saya punya 2 baby. 1 umur 35mo. udah belajar gosok gigi dr tumgi pertama. awalnya ga pake odol cmn sikat gigi aja terua karena nyontohinnya ortunya pake odol hana jd ikutan. dr awal pake odol hana langsung kesenengan katena mungkin  rasanya enak ya jd dia pasti minta odol terus buat dimakan dg alasan gosok gigi sampe kira2 umur menjelang 2th sudah mulai mengerti kalau gosok gigi itu buat membersihkan gigi dr kuman (ulat2 jahat klo ibunya bilang) skw masih suka sama odol tp tidak dimakan dan sudah bisa berkumur dg baik. nah adek nya ini yg baru berumur 16 bulan yg berkumur selalu ditelan. dan akhirnya pertanyaannya sm kaya yg diatas. sebatas mana odol aman tertelan masuk mulut? dan apakah berakibat beser ato yg lain. terimakasi mom bella 
Jawab: Iyaaa...ya betul..
Itu sepengalaman saya..
Dulu jaman kakak masih kecil..pakek nyanyinya upin dan ipin yg gosok gigi..trs qt jg ikutan kumur2.. 
Kalo khawatir tertelan bs pakai air matang..jadi aman..
Jadi dia tau kalo air yg hbs buat kumur dkeluarin

Tanya: Yuanita, Surabaya
Masalah gigi yang paling ditakutkan dan lebih sering dibahas kan gigi berlubang nih...
Nah saya malah penasaran dengan gigi tumpuk, gigi yang tumbuhnya menumpuk/berdesakan.
Bagaimana ya cara mencegahnya sejak dini? Ada yang bilang gigi tumpuk itu karna kelebihan kalsium, apakah itu benar?

Jawab:

Halo ibu Yuanita, masalah gigi bertumpuk bukan disebabkan oleh kelebihan kalsium. Gigi yang bertumpuk memiliki bermacam-macam penyebab diantaranya: gigi yang tanggal terlalu cepat, akar gigi yang terlalu kuat sehingga pada waktunya dia tanggal gigi tersebut belum tanggal, faktor genetik, dan sebagainya. Cara mencegah agar gigi tidak bertumpuk, periksakan anak ke drg jika gigi sudah goyang namun belum juga tanggal padahal gigi tetapnya sudah tumbuh.Hal ini dapat menyebabkan gigi tetap tumbuh di luar tempat seharusnya. Jika gigi sudah bertumpuk, disarankan agar memeriksakan gigi yang bertumpuk itu ke dokter gigi untuk diperiksa dan ditindak lebih lanjut.

Tanya: Lia, Bekasi
apabila pd gigi seri atas dekat dg gusi pd bayi 18mo sdh terbentuk white spot, bagaimana cara memperbaikinya agar tdk berkembang menjadi karies gigi lebih parah? apakah penggunaan pasta gigi berfloride dan toothmousse dpt memperbaiki kerusakan tsb ? thx

Jawab:

Halo ibu lia. White spot memang merupakan tanda awal sebelum terjadinya lubang gigi,white spot yang tidak dirawat dapat berubah menjadi lubang pada gigi. Sebaiknya, penyikatan gigi harus rutin dilakukan setiap hari setelah sarapan dan sebelum tidur. Untuk memperkuat gigi, pasta gigi berfluoride dapat digunakan untuk meningkatkan ketahanan gigi terhadap asam, dengan dosis sesuai usia anak (0-3 tahun selapis tipis, 3-6 tahun sebesar bulir jagung) dan bisa menggunakan tooth mousse yang dapat memberikan asupan kalsium dan fosfat yang dapat memperkuat gigi, namun pasta gigi atau tooth mouse tidak dapat menghilangkan karies gigi, hanya bisa mencegah perkembangan karies. Semoga anak ibu selalu rajin menggosok gigi ya bu.

Tanya:
Assalamu'alaikum, perkenalkan nama sy Atin Lestari Ibu dr 1 orang putri usia 7bln asal Tegal yg mau saya tanyakan apa yg mempengaruhi cepat tidaknya gigi susu tumbuh? Dan bagaimana cara merawat gigi susu yg sudah tumbuh? Serta bagaimana cara menangani panas pada anak yg giginya tumbuh kemudian tdk.mau makan? Trimakasih bunda sblmnya salam kenal

Jawab: 
Walaikumusalam bu Atin. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lambatnya pertumbuhan gigi susu, diantaranya usia kehamilan (pada bayi prematur, pertumbuhan gigi susu lebih lama), bayi berat lahir rendah, asupan nutrisi yang kurang pada bayi (seperti vitamin D), penyakit yang diderita pada bayi baru lahir, dan lainnya. Gigi susu yang sudah tumbuh awalnya dapat dibersihkan dengan sikat jari/kassa, jika sudah mulai tumbuh banyak, ganti dengan sikat kecil berbulu halus dan dapat diberi pasta gigi. Jika anak demam karena giginya akan tumbuh dapat diberikan parasetamol drops sesuai dengan dosisnya. Mengakali anak yang tidak mau makan karena tumbuh gigi, ibu bisa menyiapkan makanan yang agak dingin seperti buah yang dibekukan, ataupun apapun kesukaan anak ibu agar rasa tidak nyaman pada anak ibu bisa sedikit teratasi. Kemudian apabila menggunakan teether, teether tersebut bisa dimasukkan kedalam kulkas ketika akan digunakan, hal ini biasanya dapat memberikan rasa nyaman pada anak ibu ketika dalam proses tumbuh gigi.

Tanya:
Pagi Bunda Bella.
Saya Puput dari Tangerang, ibu dari anak usia 14 bulan. Usia berapa anak sebaiknya mulai sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur? Mulai penggunaan pasta gigi sebaiknya mulai usia berapa?

Jawab:

Halo bu Puput, sebaiknya anak sudah disikat giginya 2x sehari sejak sudah ada gigi yang tumbuh. Diawali dengan menggunakan sikat jari/kassa bertahap diganti dengan sikat kecil berbulu lembut jika giginya semakin bertambah. Penggunaan pasta gigi dapat diberikan di saat anak sudah memiliki beberapa gigi yang sulit dibersihkan hanya dengan sikat saja. Lihat petunjuk pada pasta gigi, pastikan pasta gigi yang diberikan adalah pasta gigi anak, yang dosisnya sudah disesuaikan dengan usia anak. Untuk pasta gigi berfluoride, dosis penggunaannya yang aman adalah selapis tipis untuk anak usia 0-3 tahun, sedangkan untuk anak usia 3-6 tahun ukuran pasta gigi sebulir jagung. Ajarkan anak untuk berkumur sedini mungkin, jika anak masih belum bisa diberi pengertian dan belum bisa diajarkan berkumur serta menganggap pasta gigi hanya sebagai makanan untuk diemut, tunda dulu pemakaian pasta gigi.

Nah.. apa sudah mewakili rasa penasaran bunda? ^^
jangan lupa share info mengenai #curhatBella ini ke teman-teman Mami supaya bisa bareng-bareng jadi Smart Mami! ^^

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Gigi Susu Anak - Resume Kuliah WhatsApp #curhatBella"

Posting Komentar